Langsung ke konten utama

ASI....? Siapa Takut?

Dak sadar aku ternyata belum pernah posting detail tentang ASI untuk ziva euy. sekarang aku mo posting all bout ASI Ziva. Sekarang ini, ziva sudah genap 11 bulan. kagak kerasa, ternyata udah gede aja anakku sayang. Dulu pas jaman masih muda (ceileee kek dah lama bangett... hihihi), BB ku di seputaran 45 - 50kg. pas mo merit di 48 Kg. Dulu pernah minder karena ukuran Bra yang dipake pun ukuran 32, dan sampai sampai kepikiran tuh naikin size dengan konsumsi pil kesehatan gitu. minder nya tuh bukan buat pamer ke orang orang tapi minder takut kalo nanti gak punya ASI buat dikasi ke anakku saking kecilnya. belum lagi sakit menstruasi yang sangat yang aku rasakan tiap bulannya, makin nambah menjadi jadi deh minder nya.

ternyata oh ternyata, semuanya yang buat aku minder dan takut, gak terjadi tuh dan buktinya gak lama dari pernikahan ku bulan maret, di bulan april aku dah hamil deh dan di bulan Desember tepatnya di hari Ibu lahirlah buah hatiku yang tercinta. Walo punya sejarah sakit menstruasi, tapi tetap dimampukan Tuhan untuk mengandung seorang anak. Puji Tuhan. sekarang setelah melahirkan, semua sakit menstruasi itu gak tau tuh kabur kemana. uda gak sakit lagi cuy. hurray !!!!

Kemudian sampailah di moment kelahiran Ziva, pas masi di ruang bersalin ditanya bidan, apakah ASI Eksklusif tidak, dan segera aku jawab iya ASI Eksklusif. setelah di bersihkan malam itu juga Ziva sudah tidur bersama ku dan memulai proses menghisap nya yang tentu saja, lum ada apapun yang keluar. Hisapannya lumayan kuat dan setelah pulang ke rumah ke esokan harinya, barulah pelan-pelan keluar juga ASI nya. Horeeee.... Hepiiiii banget rasanya tapi gak berlangsung lama karna ASI yang keluar deras banget, Ziva sampai sering megap megap. aku lumayan khawatir dan tiap dia menyusui, aku extra jagain terus, kalo terlihat sudah megap megap, aku lepas kan hisapannya. Cepet banget ASI tuh ngumpul dan membuat keras lagi payudara dan kalo gak di pakai buat menyusui,so merembes lah ke Bra dan akhirnya ke baju. Walo pakai breast pad, tetap aja ada yang tembus sampai ke baju. Tapi walau dihantui ketakutan bayiku megap megap tiap menyusui, aktifitas menyusui teteppp musti jalan. makin lama pun, Ziva makin pintar menghisap nya dan makin berkurang ke khawatiran ku. Pas lahir BB Ziva 3,0Kg dengan panjang 49cm, tiap bulan BB nya naik lumayan tinggi sampai akhirnya di usia 11bulan ini BB nya sudah 11Kg an dng gigi udah tumbuh 6. Gak tau juga sih apa itu karena ASI atau bukan, tapi berdasarkan pengamatan ku bayi yang dikasi ASI BB nya bakal naik dan badannya sekel gitu. Ziva badannya sekel banget, dengan pipi yang kalau di cubit langsung merona.



Pas Awal lahir menyusui dengan posisi duduk tapi sekarang seiring bertambah berat nya, posisi menyusui nya jadi berbaring. karna gak kuat ngangkat2 nya malam2 kalau dia nangis minta susu. Aktifitas menyusui Ziva paling lama dan paling banyak di malam hari. tiap terbangun, pasti menangis dan setelah dikasi ASI tenang lagi. setiap malam mungkin Ziva kebangun kebangun lebih dari 6x. Efeknya so pasti, waktu tidur mama nya berkurang drastis dan gak mungkin bisa lelap, tulang punggung rasanya pegelllll buanget dan mua badan jadi pegel pegel. kalau dipijit uenakkk tenan tapiiiiii...... mana tukang pijit ku...!!!!! gak bisa bisa datang ke tukang pijit karna belum bisa ninggalin Ziva nih. Karena kuantitas menyusui Ziva paling tinggi malam hari dan biar dia gak kebangun lebih banyak lagi, aku kasi pempers dari Merries yang setelah di coba coba berbagai merek, ternyata si Merries ini yang gak tembus2 dan tetap kering di kulit (nyebutin merek gpp lah ya).

 Kalo ngomongin ASI, pastinya ngomongin apa yang mama nya makan dong. Dulu pas hamil lumayan banyak pantangannya, gak bisa makan durian lah, mie indomie lah dan sekarang setelah Ziva lahir, semua dimakan, alias yang disuka kecuali mie gak bole banyak karna dimarahin suami.. huaaaaa....... Yang pasti selalu ada biar kalo lapar tinggal dimakan itu susu Indomilk UHT putih atau coklat, Biskuit Regal special, roti isi coklat keju. Makanan utama sesuai apa yang dibawa tukang sayur, bisa ikan ikan an, ayam atau telur. Sayur pun apa yang ada lah. intinya sih semua dimakan. kalau daging agak jarang dimasak, karena lebih enak makan dagingnya di Dine n Chat aja. hihihihi.... selain itu makan tape juga yang kata ibu tukang sayur bisa nambah ASI. tapi, kalau aku sih emang demen ma tape juga sih. jadi gak tau deh itu mitos ato fakta tape buat nambah kuantitas ASI.

Mo komitmen untuk ngasih ASI sampai ASI gak keluar lagi atau Ziva nya udah gak mau ASI lagi. terserah mo sampai berapa lama nya. dan karena dukungan dari suami yang support kerjaan di rumah jadi membuat kegiatan menyusui ku tetap berlangsung. memang gak setiap hari mood kita bisa bagus, tapi untuk ku sendiri sekarang ini, berusaha banget ngendaliin mood dan untuk pekerjaan rumah sehari hari dan mengasuh ziva semuanya aku lakukan bukan untuk suami tapi untuk menyenangkan hati Tuhan saja. semoga aku bisa pegang terus kebiasaan ini. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Start di Titik NOL Hidupku..

Perkenalkan nama ku Odilia Octavia Surbakti dan Nama Suami ku Mario Judistira perangin-angin. kami berasal dari suku karo dan baru saja menyelesaikan semua prosesi adat dan pmberkatan di gereja tanggal 04- 05 maret 2011 yang lalu. a. prosesi pernikahan adat karo kami mulai dengan "baba belo selambar & nganting manuk" hari sabtu 26 Feb 2011. Walo sebelum acara, Palembang diguyur ujan lebat banget ampe rumah abang sepupu bang madi yang kami tempati kebanjiran, tapi akhirnya pada waktunya berhenti dan kami bisa sampai di gedung BLK tepat waktu dengan cuaca yg sudah cerah. Baba belo selambar & nganting manuk adalah prosesi perkenalan calon ke masing2 keluarga dan sekaligus membicarakan prosesi adat serta "nilai tukar" yang musti di berikan pihak laki-laki ke keluarga perempuan. Nilai nya pun tidak besar kok. kemarin utk keluarga ku tidak sampai 1 juta. b. Penerimaan di GBKP Palembang hari minggu 27 Feb 2011 setelah kebaktian dan di gabungkan dengan prosesi p

Hari ke 4 - semua nya dapat

Sekarang memasuki hari ke 4 tantangan 30 hari ku. Kali ini fokusku tidak ke 1 anak saja tapi lebih ke mereka semua, kak ziv, bub, adin, niel. Kalau kemaren kemaren kami berenang di kolam kali ini walau masih memakai media yg sama yaitu kolam, tapi dari awal tujuan nya adalah bermain di air. Masih tetap musti minum susu dan sarapan terlebih dahulu sebelum memulai aktifitas kami. Awalnya, anak anak kurang terihat bersemangat krn mereka masih tetep fokus nonton pilem kartun di tipi, dan hanya niel yang nemenin si emak nyiapin kolam nya. Kali ini emak nggak full in tinggi kolam nya krn tujuan bermain kali ini. Bubu waktu liat agak komplein sebenarnya tapi akhirnya dia nerima nerima juga sih. Nah, setelah itu mereka semua mulai membuka pakaian dan bersiap masuk dalam kolam walau air belum penuh. Dan sewaktu si emak membawakan sebagian keranjang mainan ke sisi kolam, mereka semua berteriak kegirangan dan mulai semangat memasukkan satu satu mainan ke dalam kolam. Niel hampir semua mainan d

Persiapan Kelahiran pertama ku

Sekarang posisi ku sudah di jambi, di tempat orang tua dan akan berjauhan untuk sementara waktu dengan suami tercinta sampai lahiran dedek pertama ku. aktifitas pertama, menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan kebisingan suara2 mobil dan motor yang lalu lalang di depan rumah, krn rumah ku persis di samping jalan besar lintas sumatera. menyesuaikan diri dengan rutinitas dan nada2 tinggi dan seringkali emosi yang di perlihatkan oleh org2 di rumah ini. menyesuaikan diri dengan hawa yang sangat gerah dan panas.dan kemudian mulai melakukan pengecekan terhadap kandungan ku krn perjalanan jauh yang telah aku tempuh dari padang ke jambi. Dokter pun sudah memberikan obat keputihan yang bentuknya peluru, dimasukkan setiap malam 1 hari 1 kapsul. dan sungguh kapsul itu sangat perih. nama kapsul keputihan nya Vagistin.sempat cek ke internet dan ternyata bny jg dokter2 lain yang memberikan vagistin sbg obat keputihan. walo agak lega, tapi bbrpa kapsul yang masih harus dipakai tetap membuat ku k