Langsung ke konten utama

Mudik ke Palembang edisi ke-2 via Lahat

akhirnya mudik mudik lageeee, kali ini mudik nya ke palembang dng alasan ngikut suami yang ada dinas ke palembang. blm 1 bln yang lalu, mudik ke jambi dan skr dng semangat 45 mudik ke palembang ke tempat mertua. mudik kali ini, kami musti lewat lahat karna dapat info kalo jalan sekayu rusak parah dan ada jembatan yang putus krn sungai pada meluap.

perjalanan kami pas banget awal puasa dan rencana pengen berangkat jam 5 subuh, tapi apa daya krn sibukkkk beres2 semuanya, jadilah kami berangkat jam 7 pagi dari bengkulu. nitipin kunci rumah ke nenek mamak reza dulu dan caooo bengkulu. perjalanan lancar jaya sampai linggau. kemudian masuk perjalanan nuju ke lahat, mulai lagi kelokan kelokan selama 3 jam. kirain kelokan yang musti kami hadapi cmn kepahyang dan curup aja, ternyata mo ke lahat lumayan buat pusing kepala juga kalo kita duduk di posisi belakang di mobil sedan. ealopun suami udah buatin tempat dibelakang yang nyaman buat tidur, tapi aku n ziva tetep ngerasa terbanting banting dan pusing juga. jadi lebih baik duduk di depan dah. sepanjang jln ziva tertidur dan masuk ke wilayah muara enim, kami disambut dengan hujan yang sangat deras dan buat jarak pandang ke depan pun jd semakin pendek dan yang awalnya kami hanya mengikuti lampu mobil angkot di depan, dan krn angkot nyerah dan berhenti, kami melanjutkan jalan dng pelan pelan sekali sambil berdoa semoga tidak lama hujan nya.

perjalanan muara enim - prabumulih terasa sangat lama mungkin karena sudah lama banget kami melalui jalan ini lagi. seingatku, aku melalui jalan ini waktu smp kelas 1. dan walaupun sudah sampai di prabumulih bukan membuat kami lega karena hari sudah mulai gelap dan suami ku sudah sangat terlihat capek dan sesekali sering kehilangan fokus. perjalanan prabumulih - palembang menjadi sangat menegangkan krn aku harus konsentrasi menjadi navigator dan mata buat suami. jalanan malam itu dipenuhi dengan truk truk bermuatan yang kecil sampai yang besar banget. jadi, membuat perjalanan semakin terasa lama dan membosan kan. akhirnya kami sampai di rumah hari itu jam 9:30 malam dengan terlebih dahulu beli cheese burger double mcd kesukaan ku.

malam itu kami tidur dengan sukses dan bangun pun sukses pegel2 nya. hehehe. . .  rencana hari kamis dan jumat cuman di rumah aja, krn suami ke kantor dan sabtu nya diisi dengan ke bengkel sampe 3 jam nunggu dan lanjut ke pasar. mertua beliin ayam kampung dan bakal diolah jadi ayam kecap buat bekal kami di jalan dan sampai di bengkulu nya.

sampai juga hari minggu itu, kami mulai berangkat dari palembang jam 6 pagi dan berhenti di pom bensin sblm prabumulih buat makan bekal dari mertua dan lanjut lagi menuju muara enim, dan akhirnya aku busa menikmati melihat SD dan SMP ku dahulu. muara enim sudah jauh lebih rame dari ingatan ku dan kelihatan bersih. jadi teringat masa2 dulu di muara enim, sering mandi di sungai, jalan kaki pulang sekolah sampai rumah yang lumayan jauh setelah kulihat sekarang. kemudian kami berhenti dan beristirahat di lahat sekitar 1 jam an. ziva sempat byiba nark angsa2 an dan naek mobil2 an dan bahkan mau makan tekwan yang aku pesan dengan jus sirsak.

perjalanan lahat - tebing tinggi, ziva mulai merengek mnt keluar dan menangis keras lumayan lama. akhirnya, dia pun tertidur krna kelelahan menangis dan sedih juga ngeliat dia seperti itu. suami ku sempat emosi dengar tangisan ziva dan aku pun sempat stress juga. puji Tuhan, dia pun tertidur juga. maaf ya anakku. hari sudah menjelang sore dan kami pun akhirnya beristirahat di pom bensin kepahyang jam 05:30 sore dan ziva sempat berjalan- jalan sekitar mobil. setelah cukup mental buat ngadapin kepahyang, kami pun berjalan kembali. puji Tuhan perjalanan sangat lancar melewati kepahyang dan akhirnya ziva pun muntah banyak sewaktu memasuki bengkulu dan masih setengah jam lagi sampai rumah. sedih banget lihat dia muntah tapi bersyukur dia kuat bahkan setelah muntah, malah lebih ceria dan senyum2 sambil nyanyi2 ngikutin lagu. sungguh kuat kamu sayang.

dan perjalanan hari itu pun berakhir jam 07:00 malam dan akhirnya bisa beristirahatt. puji Tuhan perjalanan kami sangat lancar, cuaca yang sangat bagus dan kondisi mobil yang bagus. walopun beberapa hari sebelumnya bengkulu hujan deras tetapi hari itu, Tuhan menyertai dan memberkati perjalanan kami. teria kasih Tuhan.

tips perjalanan :
1. daerah yang berkelok-kelok diusahakan jangan duduk di belakang dan tidur.
2. jangan kasih susu ultra ato susu formula laen selama perjalanan ke bayi, krn kemungkinan besar bisa memicu dia muntah.
3. bawa lah camilan buah yang udah dipotong- potong kek mangga atau buah yang lain.
4. sediakan 1 tas khusus yang berisi popok, satu stel baju bayi, mny kayu putih dan mny telon, hp dan charger, baju ganti kita, handuk kecil dsn tissue basah.
5. bawa dan jadiin jeruk, coklat jadi camilan di perjalanan.
6. bawa lagu2 yang banyak biar gak bosan.
7. sering ganti ganti posisi duduk dan beristirahat setiap 2 jam.
8. lebih baik meminum air putih dari pada air berwarna kek teh botol dll.
9. perjalanan yang panjang pasti sangat melelahkan fisik dan emosi kita. jadi usahakan setelah sampai di rumah berdamai dan saling meminta maaf krn lepas emosi.
10. jangan lupa berterima kasih kepada suami sebagai salah satu bentuk penghargaan kita thdp usaha nya yang sangat berat dan melelahkan.
11. cek kondisi kandungan ke dokter krn perjalanan jauh dan memastikan debay dlm kondisi OK dan kuat.
12. istirahat, istirahat dan istirahat buat ngembaliin kekuatan dan mood.

sekian lah blog perjalanan mudik ku ke palembang dan menuju kehangatan suami dan anakku yang sudah duluan tertidur dulu ah.

Komentar

  1. mba jarak tempuh lahat-palembang berapa jam? kalau sekarang ada eksploitasi batu bara berpengaruh gak mba waktu tempuhnya? rencana mau pulang ke lahat lebaran nanti, dan pulangnya mau mampir ke palembang.. terimakasih mba

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Start di Titik NOL Hidupku..

Perkenalkan nama ku Odilia Octavia Surbakti dan Nama Suami ku Mario Judistira perangin-angin. kami berasal dari suku karo dan baru saja menyelesaikan semua prosesi adat dan pmberkatan di gereja tanggal 04- 05 maret 2011 yang lalu. a. prosesi pernikahan adat karo kami mulai dengan "baba belo selambar & nganting manuk" hari sabtu 26 Feb 2011. Walo sebelum acara, Palembang diguyur ujan lebat banget ampe rumah abang sepupu bang madi yang kami tempati kebanjiran, tapi akhirnya pada waktunya berhenti dan kami bisa sampai di gedung BLK tepat waktu dengan cuaca yg sudah cerah. Baba belo selambar & nganting manuk adalah prosesi perkenalan calon ke masing2 keluarga dan sekaligus membicarakan prosesi adat serta "nilai tukar" yang musti di berikan pihak laki-laki ke keluarga perempuan. Nilai nya pun tidak besar kok. kemarin utk keluarga ku tidak sampai 1 juta. b. Penerimaan di GBKP Palembang hari minggu 27 Feb 2011 setelah kebaktian dan di gabungkan dengan prosesi p

Hari ke 4 - semua nya dapat

Sekarang memasuki hari ke 4 tantangan 30 hari ku. Kali ini fokusku tidak ke 1 anak saja tapi lebih ke mereka semua, kak ziv, bub, adin, niel. Kalau kemaren kemaren kami berenang di kolam kali ini walau masih memakai media yg sama yaitu kolam, tapi dari awal tujuan nya adalah bermain di air. Masih tetap musti minum susu dan sarapan terlebih dahulu sebelum memulai aktifitas kami. Awalnya, anak anak kurang terihat bersemangat krn mereka masih tetep fokus nonton pilem kartun di tipi, dan hanya niel yang nemenin si emak nyiapin kolam nya. Kali ini emak nggak full in tinggi kolam nya krn tujuan bermain kali ini. Bubu waktu liat agak komplein sebenarnya tapi akhirnya dia nerima nerima juga sih. Nah, setelah itu mereka semua mulai membuka pakaian dan bersiap masuk dalam kolam walau air belum penuh. Dan sewaktu si emak membawakan sebagian keranjang mainan ke sisi kolam, mereka semua berteriak kegirangan dan mulai semangat memasukkan satu satu mainan ke dalam kolam. Niel hampir semua mainan d

Persiapan Kelahiran pertama ku

Sekarang posisi ku sudah di jambi, di tempat orang tua dan akan berjauhan untuk sementara waktu dengan suami tercinta sampai lahiran dedek pertama ku. aktifitas pertama, menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan kebisingan suara2 mobil dan motor yang lalu lalang di depan rumah, krn rumah ku persis di samping jalan besar lintas sumatera. menyesuaikan diri dengan rutinitas dan nada2 tinggi dan seringkali emosi yang di perlihatkan oleh org2 di rumah ini. menyesuaikan diri dengan hawa yang sangat gerah dan panas.dan kemudian mulai melakukan pengecekan terhadap kandungan ku krn perjalanan jauh yang telah aku tempuh dari padang ke jambi. Dokter pun sudah memberikan obat keputihan yang bentuknya peluru, dimasukkan setiap malam 1 hari 1 kapsul. dan sungguh kapsul itu sangat perih. nama kapsul keputihan nya Vagistin.sempat cek ke internet dan ternyata bny jg dokter2 lain yang memberikan vagistin sbg obat keputihan. walo agak lega, tapi bbrpa kapsul yang masih harus dipakai tetap membuat ku k