Langsung ke konten utama

kisah kelahiran putri ku Kirana Ziva

akhirnya bisa megang laptop lagi. nyuri2 waktu pas nyokap dah tidur n dek ziva dah tidur sambil ku gendong. sebelum aku lupa, aku musti tulis moment paling istimewa dlm hidupku,kelahiran putri pertama ku ini.

tanggal 22 pagi hari, aku dah mulai siap2 untuk konsultasi ke dokter nadia di rsia annisa jambi. selain pengen tau posisi bayi ku, juga mo nanya ttg rasa nyeri yg aku rasa. rasa nyeri nya seperti menstruasi. ilang timbul ilang timbul gitu. sudah ku amati juga jeda waktu rasa nyeri itu konstan tiap 5 menit. sambil nunggu nyokap masak, aku nyanyi2 dan suasana hatiku hari itu sangat bagus. jam 10 berangkatlah kami ke RSIA Annisa. sewaktu cek tensi, ditanya keluhan nya apa, dan ku jawab keluhan ku rasa nyeri dengan jeda waktu yg konstan tapi masi bisa kutahan. eh ternyata karna hal itu, aku langsung dpt giliran masuk tanpa antri2 lagi. padahal biasanya aku antri mpe jam 1 an krn no antrian ku pasti di atas 20 mulu. pas diperiksa, dokter nadia hanya usg  aja dan posisi bayi sudah letak kepala dng berat 3,2 kg. di warning juga biar aku diet kalo mo kelahiran normal. kemudian di jadwalkan konsultasi 2 minggu lagi. akhirnya aku pulang dan percaya bahwa ternyata bukan hari ini hari H nya. sampai nya di rumah, sembari BAK, ternyata sudah keluar lendir darah sama seperti menstruasi yg terakhir. tapi, nyokap merasa itu biasa2 aja dan nyaranin kami tunggu adikku sion pulang dulu baru ke RS lagi. sembari nunggu, aku jalan muter2 di kamar dan kembali itung jarak dan lama rasa nyeri itu. makin lama nyeri nya makin ningkat. yang sebelumnya masih bisa ku selingi ngerjain sesuatu yg lain, skr nyeri nya membuat ku musti konsentrasi dan atur pernafasan. kemudian kembali aku cek lendir darah ilang ato tidak, eh ternyata masi keluar lendir darah lagi dan jam 5 sore, setelah nunggu adikku mandi, kami berangkat ke RSIA Annisa. sepanjang jln, aku kasi pesan addikku supaya pas ketemu lobang di jalan tolong pelan2, krn sakit bo'. mood ku pun masi bagus, masi bisa cerita2 n ketawa sepanjang perjalanan. setiap konstraksi aku diam n konsentrasi kemudian setelah reda, aku bisa ikut pembicaraan kembali.

sampai di RSIA Annisa, daftar dan disuruh langsung menuju ke ruang bersalin utk di cek langsung oleh perawat dan bidan disana. ruang bersalin annisa ada di lantai 1 juga dan berada paling ujung ngelewatin ruang bayi. sampai di ruang bersalin, disuruh berbaring dan perawat geli geli in pusar ku untuk mempercepat konstraksi. pada saat konstraksi itulah tangan bidan itu masuk mpe dalam. aduh, sakit, kaget, malu campur aduk. percobaab pertama gk berhasil krn aku gak rileks dan secara otomatis ngunci tangan bidan dan setelah percobaab kedua dan dengan pengaturan nafas akhirnya berhasil dan ternyata pembukaan ku sudah mencapai pembukaan 5. kaget campur gembira perasaan ku saat itu dan gak ada perasaan takut sama sekali. sambil nunggu pun, aku berjalan2 muter di ruang bersalin dan pada saat cek pembukaan lagi baru berbaring di tempat persalinan kembali. setelah cek pembukaan kedua yang ternyata sudah naek jadi pembukaan 6 lah, aku sudah gak jalan muter lagi tapi konsentrasi atur pernafasan yang tarik nafas panjang tahan dan buang nafas pelan2. di ruang bersalin ada sekitar 4 ato 5 tempat tidur yang di batasi dengan tirai-tirai. nyokap yg menemani di dalam tirai tempat persalinan ku dan adikku sion yang sebelumnya disangka suamiku duduk di dlm ruang bersalin di balik tirai ku. kemudian tidak begitu lama pengecekan pembukaan berikutnya, aku sudah masuk pembukaan 8 dan air ketuban ku pecah bersamaan dengan tangan bidan keluar dan konstraksi makin kuat.bidan juga ngecek tekanan jantung bayi dengan alat khusus untuk mengetahui apakah bayi dlm keadaan stress atau tidak dan syukurlah detak jantung bayiku 169 dan masi berada dlm batas normal sehingga terhindar dari SC.Setiap konstraksi, nyokap mijitin punggung tapi aku ngerasa gk nyaman malahan dan kuminta nyokap buat berhenti dan setiap nyokap mengulangi kata2 perawat untuk selalu atur pernafasan pun aku ngerasa gk nyaman dan minta nyokap untuk diam tapi aku tetep membutuhkan kehadiran seseorang di samping ku. bidan hanya ada di samping kita pada saat pengecekan pembukaan saja. sampailah aku pada momen dimana keinginan mengejan yg gak terbendung lagi. aku meminta nyokap utk panggil kan bidan dan sembari teriak ke bidan kalo aku mau ngejan dan sembari teriak juga dari jauh bidan bilang supaya ditahan nafas nya. bener2 lucu kalo ingat saat itu. kemudian gak lama 2 org bidan meriksa pembukaan dan ternyata sudah pembukaan 9 dan karena aku bermasalah dng BAB, bidan membantu ku ngeluarin BAB dahulu. aduh malu nian. tangan bidan masuk dan tarik tuh BAB, so, semoga yg baca blog ku ini BAB nya lancar sehingga pas kelahiran anaknya gak mengganggu jalan lahir si bayi. kemudian gak terlalu lama di saat paling tidak bisa ditahan utk mengejan lagi, dokter nadia datang tergesa-gesa dengan diikuti beberapa perawat. ampe penuh tuh tempat persalinan khusus tempat tidur ku. dokter nadia siap di depan, aku posisi siap persalinan  dng nyokap megang dan ngangkat kaki ku sebelah kanan di sebelah kiri perawat yang megang kaki ku dan di bagian punggung ku di sangga oleh perawat dan dokter nadia memberi  perintah utk mengejan tanpa mengeluarkan suara dr mulut. tapi ya namanya pada saat konstraksi itu aku lupa dan masi ngeluarin suara dari mulut yg buat dokter nadia makin keras ngasi perintah. hehehe... maaf dok ;D kemudian perintah berikutnya panggulku jangan di angkat tiap ngejan tapi ya itulah pas momen itu tuh, aku lupa yg mana panggulku dan aku sempat teriak bilang, tolong dong turunin panggul ku, aku gak kerasa lagi!!! klo ingat sekarang, masi bisa buat ku senyum2 sendiri. hihihihi.... ampe ngejan pun aku gak tau caranya. aku sudah sampe stress krn gak tau cara ngejan sampe salah satu perawat bilang ' ya ampun bu... sedikit lagi bu.. tuh kepala bayi nya sudah kelihatan!" satu statement yg paling penting dan membuat naluri ku untuk nyelamatin bayi ku sedemikian besar nya dengan tenaga terakhir dan terbesar ku, aku mengejan kuat sampai pemandangan di depan ku menjadi gelap. gak terlihat lagi dokter maupun perawat di depan ku lagi tapi suara dokter nadia yg masi kudengar yang menentramkan "bagus.. bagus.. bener gitu ngejan nya.... sekarang pelan2 ngejan nya ya.." setiap kata2 dokter nadia lah yg jadi fokus ku dan tidak lama kemudian aku merasa ada sesuatu yg melompat keluar dan rasanya enak sekali dan terdengarlah tangisan bayi ku tercinta... Selamat datang sayangku buah hatiku.. setelah semua cairannya dikeluarkan, bayi ku di serahkan padaku supaya di dekap dan sambil ku peluk, dokter nadia dengan santai nya sambil ngobrol menjahit bagian bawah. walo kata org gak bakal terasa dijahit, tapi sebenarnya masi kerasa kok dijahit tapi rasa sakitnya masi kalah dng rasa konstraksi dan rasa senang ngeliat bayiku.lucu sekali dan kecil sekali aku rasa. selamat datang KIRANA ZIVA PERANGIN ANGIN pada jam 19:35 tanggal 22 desember, berat 3 Kg, panjang 49 cm, lingkar kepala 35cm.

Dek ziva dibawa ke ruang bayi utk disinar dan aku memulihkan tenaga dulu sedangkan nyokap nyari ruangan, tapi berhubung penuh, kami di inapkan di ruang ICU malam itu. besok pagi baru masuk ruang VIP 9 lantai 2. malam tgl 22 itu juga ziva langsung tidur bersama ku karena aku ASI exklusif. walo lum keluar, ziva tetep ngebantu buat ngeluarin ASI ku. keesokan harinya lah ASI ku keluar dan rasa bahagia ku pun bertambah.

Akhirnya aku Lulus ujian menjadi seseorang ibu dan memulai perjalanan selanjutnya bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga.

Pelajaran yang aku ambil di proses kehamilan dan kelahiran anakku yaitu:
1. Penting untuk konsultasi dengan Dokter kandungan pas hamil.
2. Makan sebanyak2 nya. wkwkkwkwk...
3. Hilangkan negatif thinking dan terus cari info ttg melahirkan di internet yang positif pastinya.
4. Pas usia kehamilan tua perbanyak jalan dan minum
5. musti gak boleh takut buat BAB pas hamil tua. kagak bakal ikutan keluar kok dedek nya..hehehe..
6. tanda2 kek mo menstruasi itu sama dengan tanda2 mo melahirkan.
7. seorang ibu dah dikasi Tuhan insting yang ngasi tau kita kpn saat2 mo melahirkan kita. makanya biasanya sblm mo melahirkan pasti ada 1/2 hari sebelumnya kita mood nya cantik banget dan pengen bersih2 rumah ato sibuk cek n ricek kebutuhan dedek nantinya.
8. pada saat proses mo melahirkan nya, musti dan kudu dengerin perintah nya suster atau dokter.
9. jangan mengejan sebelum waktu nya dan panggul musti ditahan di kasur biar gak bny jahitan nya nantinya.
10. musti dah BAB dulu karna sakit setelah melahirkannya lebih gimana gitu.
11. minta ASI exclusif biar baby nanti yg bantu ngeluarin ASI kita.
12. minta bantuan suster untuk ngajarin cara menyusui dan memandikan bayi yang benar.
13. Pake in stagen/long torso buat kita pake selama 40 hari, biar perut mengecil dengan sempurna.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Start di Titik NOL Hidupku..

Perkenalkan nama ku Odilia Octavia Surbakti dan Nama Suami ku Mario Judistira perangin-angin. kami berasal dari suku karo dan baru saja menyelesaikan semua prosesi adat dan pmberkatan di gereja tanggal 04- 05 maret 2011 yang lalu. a. prosesi pernikahan adat karo kami mulai dengan "baba belo selambar & nganting manuk" hari sabtu 26 Feb 2011. Walo sebelum acara, Palembang diguyur ujan lebat banget ampe rumah abang sepupu bang madi yang kami tempati kebanjiran, tapi akhirnya pada waktunya berhenti dan kami bisa sampai di gedung BLK tepat waktu dengan cuaca yg sudah cerah. Baba belo selambar & nganting manuk adalah prosesi perkenalan calon ke masing2 keluarga dan sekaligus membicarakan prosesi adat serta "nilai tukar" yang musti di berikan pihak laki-laki ke keluarga perempuan. Nilai nya pun tidak besar kok. kemarin utk keluarga ku tidak sampai 1 juta. b. Penerimaan di GBKP Palembang hari minggu 27 Feb 2011 setelah kebaktian dan di gabungkan dengan prosesi p

Hari ke 4 - semua nya dapat

Sekarang memasuki hari ke 4 tantangan 30 hari ku. Kali ini fokusku tidak ke 1 anak saja tapi lebih ke mereka semua, kak ziv, bub, adin, niel. Kalau kemaren kemaren kami berenang di kolam kali ini walau masih memakai media yg sama yaitu kolam, tapi dari awal tujuan nya adalah bermain di air. Masih tetap musti minum susu dan sarapan terlebih dahulu sebelum memulai aktifitas kami. Awalnya, anak anak kurang terihat bersemangat krn mereka masih tetep fokus nonton pilem kartun di tipi, dan hanya niel yang nemenin si emak nyiapin kolam nya. Kali ini emak nggak full in tinggi kolam nya krn tujuan bermain kali ini. Bubu waktu liat agak komplein sebenarnya tapi akhirnya dia nerima nerima juga sih. Nah, setelah itu mereka semua mulai membuka pakaian dan bersiap masuk dalam kolam walau air belum penuh. Dan sewaktu si emak membawakan sebagian keranjang mainan ke sisi kolam, mereka semua berteriak kegirangan dan mulai semangat memasukkan satu satu mainan ke dalam kolam. Niel hampir semua mainan d

Persiapan Kelahiran pertama ku

Sekarang posisi ku sudah di jambi, di tempat orang tua dan akan berjauhan untuk sementara waktu dengan suami tercinta sampai lahiran dedek pertama ku. aktifitas pertama, menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan kebisingan suara2 mobil dan motor yang lalu lalang di depan rumah, krn rumah ku persis di samping jalan besar lintas sumatera. menyesuaikan diri dengan rutinitas dan nada2 tinggi dan seringkali emosi yang di perlihatkan oleh org2 di rumah ini. menyesuaikan diri dengan hawa yang sangat gerah dan panas.dan kemudian mulai melakukan pengecekan terhadap kandungan ku krn perjalanan jauh yang telah aku tempuh dari padang ke jambi. Dokter pun sudah memberikan obat keputihan yang bentuknya peluru, dimasukkan setiap malam 1 hari 1 kapsul. dan sungguh kapsul itu sangat perih. nama kapsul keputihan nya Vagistin.sempat cek ke internet dan ternyata bny jg dokter2 lain yang memberikan vagistin sbg obat keputihan. walo agak lega, tapi bbrpa kapsul yang masih harus dipakai tetap membuat ku k