Langsung ke konten utama

List barang bayi yang dibutuhkan

Sembari menyusui dan mumpung kagak lupa, mo postingin ttg listing barang2 yang butuh banget buat bayi dengan ziva sbg studi kasus nya.
Memang gk dipungkiri sih klo anak pertama tuh lumayan bikin mama nya kelabakan bahkan sampe berlebihan nyiapin barang2 bayi nya tapi seiring berjalan waktu bny jg barang2 yg sebenarnya gak bener2 dibutuhin baby dan akhirnya ter onggok tak berdaya di sudut kamar.

Mari kita bahas satu satu :
Persiapan ke rumah sakit asumsi cmn 2 hari nginep di rumah sakit nya dan lahiran normal.
Tas 1 berisi
1. Baju bukaan depan 3 potong atau baju terusan dng karet bagian leher yang flexible membuat nyaman pas menyusui dan pas ke toilet tinggal buka aja toh. Agak porno dikit memang kalo dokter meninjau proses kontraksi perut pasca melahirkan. Musti buka buka ampe atas biar dokter bisa cek pake stetoskop atau dng mijit2 perut kita.
2. Celana yang berkaret lebih memudahkan aktifitas ke kamar mandi.  Siapin 2.
3. Stagen atau long torso aja daripada gurita. Krn gurita ribettttt bed dah. Bawa long torso yang pake resleting jangan yg pake kancing kait krn bakal bikin tambah ribet dong. Kenapa dipakai? Biar konstraksi perut utk ngeluarin darah kotor jd cepat. Cukup 1 aja ini mah.
4. Pembalut panjang biasanya disediain ama RS tapi mending kita beli juga deh buat persediaan di rumah juga. Pembalut maternity namanya banyak dijual di supermarket. Gak usa banyak. Beli isi 10 sisanya pembalut biasa aja. Tapi ini tergantung brp bny ny darah yg keluar. Awal2 banyak makin lama makin dikit kek menstruasi lah.
5. BH menyusui 2 dan celana dalam pastinya.
6. Baju suami dan celana
7. Peralatan mandi standar ama make up standar. Apa tuh standar? Ya itu loh, sabun cair botol kecil, shampoo botol kecil, sikat gigi dan odol, cuci muka. Make up nya itu sisir, pelembab, bedak,lipgloss.

Tas 2 berisi :
1. Selimuttt tebal krn masi rentan dingin tuh baby 1 aja cukup.
2. Topi kupluk yg nutup mpe telinga 1 aja cukup.
3. Sarung tangan dan kaos kaki beli yang tebal an jangan beli yang tipis ya. Kapok aku beli yang tipis kemaren.huff. Sediain 3 pasang masing2 buat jaga2.
4. Baju lengan panjang dan celana panjang masing2 3pasang. Jumper blm perlu karna tergantung tinggi anak. Kalo kita beli, tnyata pas di pake, baby nya kelelep dlm jumper kan kasian. Yang pasti2 aja dlu.
5. Gendongan bayi yang nyaman.
6, bantal peang perlu nih. Cari yang bagus punya krn bakal dipake terus ampe kepala nya makin keras. Biar bentuk kepala baby yang mayoritas hidup ny cmn berbaring ampe dia bs tengkurep, jadi bagus n gak rata d belakang.
Tambahan lainnya cemilan buah atau roti dan minuman pastinya.

Lanjut ke bagian setelah di rumah dan sehari2 nya ya. aku bagi-bagi per kegunaan nya.

Perlengkapan Mandi :
  • Sabun
  • Shampoo
  • Handuk besar
  • Handuk kecil atau sapu tangan
  • Topi keramas
  • Kolam renang, walo jarang juga ziva gunain nih kolam, tapi bagus juga dibeli untuk melatih gerak motorik anak dan membiasakan dia sebelum akhirnya nyemplung beneran di kolam renang. awal nya ziva nangis dan terlihat takut pas nyemplung di dalam nya, tapi setelah aku juga ikutan nyemplung baru deh dia mulai ngerasa nyaman dan asik gerak gerak in kaki nya di dalam air. oiya, jangan lupa juga gunain neck ring nya biar baby kagak kelelep.
  • Perlak
  • Baby Bather
  • bak bayi, bakal berguna banget sebelum baby mulai suka berdiri sendiri. karna dah mulai berdiri, ziva pasti nangis kalo disuruh duduk. dia maunya berdiri sambil pegang ember dan maen2 air dan gayung.

Perlengkapan Setelah Mandi:
  • Minyak Telon atau Minyak Kayu putih Plus Sereh, selain bisa menagkis nyamuk juga buat baby jadi bau enak banget. bau nya khas karena sereh nya. keingat bau2 di kampung dahulu. wkwkwkwk....
  • Hair Lotion, base on search2 sana sini katanya nih hair lotion bisa buat rambut bayi lebat. semoga aja benar begitu karena rambut ziva tipis sejak lahir.
  • Bedak, kalo ini baru2 ini aja di kasih ke ziva. setelah umur nya 1 tahun. sejak lahir ampe 1 tahun aku gak mau kasiin bedak tabur karena takut masuk ke pernafasan nya dan tidak di rekomendasikan dokter juga.
  • Baby Cologne,  ini juga baru setelah 1 tahun di kasiin ke Ziva karen bau nya harummmmm bangettt...
Perlengkapan Makan:


  • Tempat makan nya dari munchkin bowl anti slip. berguna banget karena gak bakal bisa di angkat2 baby tuh. jadi meminimalisasi berantakan. 1 paket ada 3 ukuran mangkuk nya dengan tutup yang gak bakal bisa dibuka baby. hehehehe..
  • Tempat minum nya tommee tippi yang gak akan keluar air nya alias tumpah kecuali disedot, ziva beli yang warna oranye di Yulis shop PTC palembang sekaligus ama tempat makan sekaligus minum yang ada sendoknya. itu berguna pas MPASI epertama yang cuman bubur dan kalo sekarang dipake buat minum ziva. doi seneng banget minum pake ini.
  • Sendok dan Garpu, ini buat maen2 an ziva. sendok garpu khusus baby jarang disentuh. ziva lebih demen sendok garpu ortu nya pake yang dari stainless steel.
Mainan - Mainan atau buat jalan-jalan:
  • Teether, berguna pas dia mulai ngences2 karena mo tumbuh gigi. selain itu teether buat ngerangsang gigi baby jadi tumbuh. sekarang di usia 13 bulan, gigi ziva uda 8 buah.
  • Bola-bola, mulai suka dimainkan setelah dia mulai bisa merangkak.
  • Rattle, gak terlalu berguna di ziva euy.
  • Baby walker, ini nih gak butuh banget ternyata karena ziva malah di baby walker gak mau tuh jalan ke depan tapi malah mendorong mundur. belum lagi kalo di baby walker gak lama tahannya. mudah bosanan. coba kalo di taruh di lantai, duh aduh langsung semangat begerak dia.
  • Stroller, untuk yang ini nih, dari dikasi pas lahiran sampai ziva dah 1 tahun gak berguna coba. mau dipake sembari jalan2 ke mall tapi disini kalo jalan2 paling ke hypermart dan kalo di hypermart dudukinnya langsung di dorongan nya hypermart buat ziva lebih happy. padahal mahal betul tuh stroller. maaf ya bang lio & kak manik, hadiahnya mungkin di lungsurin ke sion aja nanti ya.

  • Baby Wrap, untuk yang ini aku ngerasa terbantu banget apalagi sebelumnya kemana mana pergi pasti naik motor dan kalo sudah di dalam bobita wrap, aku ngerasa nyaman karna tau ziva bakal aman dan nyaman dari jatuh, angin atau debu. bisa ditutup semua kecuali kepala loh. walo awalnya lumayan kerja keras gunain nya tapi lama2 jadi terbiasa deh
  

  • Topi Kupluk dan Kaos kaki, Topi yang lucu2 blm penting utk pertama tama. Topi lucu dan imut paling bagus pas baby dah bisa jalan. Cantik terlihat dan bakal lama muat di kepala nya.



Perlengkapan Bobok:

  • Ayunan bayi, yang kemaren terakhir beli baru harga nya 500 ribu.
  • Box bayi, menurutku gak penting tuh karna aku pengen terus terus an dekat ma bayi ku. jadi dia tidur seranjang ama papa n mama. pastinya dia tidur tidak di antara papa mama nya karena takut papa nya gak sadar bisa nindih baby. kalo insting mama pastinya kuat dan gak bakal nindih anak nya. kalo masi khawatir taruh bantal aja sebagai pemisah.
  • Bantal
  • Selimut
  • Kaos kaki
  • Japan canopy harga 300rb an atau merek lainnya yang flexible bongkar pasang dan ditaruh di atas tempat tidur kita. menurut gw ini lebih long lasting pake nya dari pada kita beli yang kelambu anak bayi itu tu. badan baby kan makin panjang trus belum lagi baby klo dah bisa tengkurep pasti gulung sana sini, dan kita musti perbaiki terus dong letak kelambu baby tuh kan. mending beli kelambu buat tempat tidur aja so kalo pas kita mudik ke rumah ortu atau ke tempat mertua bisa bawa n tinggal dipasang deh. lebih baik mencegah daripada mengobati kan. ini nih yang ziva lum punya. hikss.. papa beliin dong. !!!
  •  Sprei Anti Air, harga 190 rb an ini sangat membantu banget loh. gak akan tembus ke tempat tidur dan mudah ngebersihinnya. tinggal di lap aja bekas pipis, muntahan atau pup dan cuman di angin-angin kan aja klo kita mo ngejemur nya. seprei ini buat kita tenang kalo baby lagi maen di atas tempat tidur. ziva cmn punya 1 sprei euy. ampe sekarang awet aja.
Perlengkapan lainnya:
 

  • 1 set perlengkapan buat manicure pedicure. hihihihi... Gunting buat nyukur rambut ziva ama mendekin bulu mata nya dulu waktu masih 4 bulan an. gunting kuku nya tiap 2 hari sekali biar gak panjang dan kotor. Tusuk kuping dipakai kalau terlihat dari luar aja kotoran nya.
  • termometer berguna banget pas dia demam.
  • Balsam Transpulmin buat di usapkan ke dada nya kalau dia batuk2.
  • Zambuk ,buat bentol2 terkena gigitan nyamuk
  • Kursi Angin Munchkin, gak terlalu berguna nih kursi. selain ziva sangat2 tidak betah duduk, tempat duduk ini pun musti di awasi banget karena baby bisa terjungkal kalau terlalu aktif bergerak.

to be continued .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Start di Titik NOL Hidupku..

Perkenalkan nama ku Odilia Octavia Surbakti dan Nama Suami ku Mario Judistira perangin-angin. kami berasal dari suku karo dan baru saja menyelesaikan semua prosesi adat dan pmberkatan di gereja tanggal 04- 05 maret 2011 yang lalu. a. prosesi pernikahan adat karo kami mulai dengan "baba belo selambar & nganting manuk" hari sabtu 26 Feb 2011. Walo sebelum acara, Palembang diguyur ujan lebat banget ampe rumah abang sepupu bang madi yang kami tempati kebanjiran, tapi akhirnya pada waktunya berhenti dan kami bisa sampai di gedung BLK tepat waktu dengan cuaca yg sudah cerah. Baba belo selambar & nganting manuk adalah prosesi perkenalan calon ke masing2 keluarga dan sekaligus membicarakan prosesi adat serta "nilai tukar" yang musti di berikan pihak laki-laki ke keluarga perempuan. Nilai nya pun tidak besar kok. kemarin utk keluarga ku tidak sampai 1 juta. b. Penerimaan di GBKP Palembang hari minggu 27 Feb 2011 setelah kebaktian dan di gabungkan dengan prosesi p

Hari ke 4 - semua nya dapat

Sekarang memasuki hari ke 4 tantangan 30 hari ku. Kali ini fokusku tidak ke 1 anak saja tapi lebih ke mereka semua, kak ziv, bub, adin, niel. Kalau kemaren kemaren kami berenang di kolam kali ini walau masih memakai media yg sama yaitu kolam, tapi dari awal tujuan nya adalah bermain di air. Masih tetap musti minum susu dan sarapan terlebih dahulu sebelum memulai aktifitas kami. Awalnya, anak anak kurang terihat bersemangat krn mereka masih tetep fokus nonton pilem kartun di tipi, dan hanya niel yang nemenin si emak nyiapin kolam nya. Kali ini emak nggak full in tinggi kolam nya krn tujuan bermain kali ini. Bubu waktu liat agak komplein sebenarnya tapi akhirnya dia nerima nerima juga sih. Nah, setelah itu mereka semua mulai membuka pakaian dan bersiap masuk dalam kolam walau air belum penuh. Dan sewaktu si emak membawakan sebagian keranjang mainan ke sisi kolam, mereka semua berteriak kegirangan dan mulai semangat memasukkan satu satu mainan ke dalam kolam. Niel hampir semua mainan d

Persiapan Kelahiran pertama ku

Sekarang posisi ku sudah di jambi, di tempat orang tua dan akan berjauhan untuk sementara waktu dengan suami tercinta sampai lahiran dedek pertama ku. aktifitas pertama, menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan kebisingan suara2 mobil dan motor yang lalu lalang di depan rumah, krn rumah ku persis di samping jalan besar lintas sumatera. menyesuaikan diri dengan rutinitas dan nada2 tinggi dan seringkali emosi yang di perlihatkan oleh org2 di rumah ini. menyesuaikan diri dengan hawa yang sangat gerah dan panas.dan kemudian mulai melakukan pengecekan terhadap kandungan ku krn perjalanan jauh yang telah aku tempuh dari padang ke jambi. Dokter pun sudah memberikan obat keputihan yang bentuknya peluru, dimasukkan setiap malam 1 hari 1 kapsul. dan sungguh kapsul itu sangat perih. nama kapsul keputihan nya Vagistin.sempat cek ke internet dan ternyata bny jg dokter2 lain yang memberikan vagistin sbg obat keputihan. walo agak lega, tapi bbrpa kapsul yang masih harus dipakai tetap membuat ku k