Langsung ke konten utama

Rencana HOMESCHOOLING mereka.....

Homeschooling belakangan ini jadi pikiran dan pencarian ku untuk bekal metode pembelajaran anak2 ku kelak. Definisi homeschooling bisa di dapat dari wikipedia yang lebih lengkapnya. Sedangkan homeschooling memakai bahasa ku sendiri yaitu salah satu metode pembelajaran informal yang melibatkan peran serta aktif orang tua dan anak-anak dengan materi pembelajaran yang tidak terbatas dengan sumber yang tak terbatas juga. Untuk memudahkan proses ujian penyetaraan kelak, materi pembelajaran dari kurikulum yang telah di keluarkan depdiknas bisa menjadi dasar dari pembuatan tugas harian anak-anak kelak dan ditambah dengan pengetahuan yang sesuai dengan rasa ingin tahu anak itu sendiri. Sedangkan utk materi yang lebih ingin diperdalam sesuai dengan minat anak bisa di arahkan melalui kursus-kursus diluar. Misalnya, jika minat nya piano bisa disalurkan melalui kursus piano di Yamaha.dsb.

Buat menimbun ilmu yng bny untuk nambah informasi homeschooling, aku dapatin diantara nya itu dari www.rumahinspirasi.com, http://worksheetworks.com, http://www.allaboutlearningpress.com//all-about-reading-pre-reading/, http://freekidsbooks.org. Di dalam homeschooling itu sendiri ternyata terbagi menjadi , homeschooling mandiri dan homeschooling kelompok. Homeschooling kelompok yang aku sudah search itu homeschooling primagama, homeschooling kak seto. Yang laen nya belum nemu. Kalo melihat dan membaca tulisan di rumahinspirasi.com kelihatannya mbak lala itu homeschooling mandiri ato dia menggabungkan ke dua nya ya? Masih lum tahu dan musti cari tahu nanti. 

Aku menginginkan anak-anak ku menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, kuat dan spiritual. Ingin nya supaya minat dan talenta lah yang membimbing arah hidup mereka kelak. Sangat mencintai pengetahuan dan memiliki minat yang besar untuk mengetahui banyak hal, memiliki rasa sosial yang tinggi juga. Mungkin dengan visi ku ini, bisa menjadi acuan ku untuk merencanakan kegiatan mereka setiap hari nya. Misal, untuk rasa sosial, aku merencanakan membawa mereka ke panti asuhan, panti jompo, ikut acara sosial lainnya. Untuk menjadi pribadi yang mandiri, aku merencanakan mereka sudah bisa mulai membereskan tempat tidur nya, membersihkan kamar nya, membersihkan tempat makan sendiri, mendapatkan uang sendiri dengan cara memberikan layanan atau magang di toko ato tempat lain yang positif pasti nya. Sedangkan untukbertanggung jawab, sementara ini agar mereka bertanggung jawab terhadap komitmen yang telah dibuat bersama sebelumnya. Mendapatkan pribadi yang kuat dengan mengadakan kegiatan outdoor bisa dengan bersepeda, berenang, berlari, basket,bola kaki, tennis ato badminton. Semua2 rencana itu akan aku sarankan utk pertimbangan dalam pembuatan komitmen pekerjaan per minggu nya.

Tidak sabar memulai homeschooling pertama ziva. Target ku memulai di saat ulang tahun nya yg ke-3 bulan desember 2014 ini. Memang gak mungkin langsung pelajaran2 yang susah, tapi mo memulai dengan hal2 yang simpel nya aja dulu, yaitu ber komitmen membuat jadwal per minggu yang di awali dengan sistem pemberian bintang. Sampai usia nya yang sudah menginjak usia 2 thn 7 bln ini lihat talenta nya di bidang menyanyi dan menari. Utk bidang olahraga masih belum terlihat sama sekali. Jadi kemungkinan besar jika hobi menyanyi nya masih terus berlanjut kami bakal me les vokal kan nya dan semoga aja dia juga berminat utk belajar piano atau gitar utk tambahan dalam keahlian menyanyi nya. 
Berharap banyak bisa ngelakuin homeschooling utk ziva dan berjalan sukses sehingga bisa jadi contoh buat adik2 nya maupun pengetahuan tambahan bagi keluarga besar yang aku yakin sekali pasti bakal melarang keinginan ku utk me homeschooling kan ziva sama seperti mereka melarang ku melakukan lotus birth pada proses kelahiran anak ke 2 ku dahulu. Terlepas dari itu semua semoga rencana homeschooling ku ini sejalan dengan rencana Tuhan buat mereka sehingga aku lebih merasa aman dan terlindungi dengan berkat Nya. Jika memang ini rencana Tuhan bagi mereka, pasti aku akan dimudahkan dalam mencari pengetahuan dan mendapatkan orang-orang yang men support hal ini juga. Amin.

Rencana terdekat ku yaitu mencari buku ttg homeschooling di toko buku Gramedia dan men donlot aplikasi2 dan story bedtime ziva di ipad nya. Sedangkam penggunaan ipad nya yg sudah berjalan hampir seminggu ini, aku akan menjadwalkan penggunaan ipad secara lebih teratur dan konsisten. Sehingga dia tahu bahwa pemakaian gadget tidak bisa seharian penuh dan membuat dia menjauh dari   Sekitar nya. Aturan-aturan yang jelas yang musti diterapkan yaitu: tidak memegang ipad di saat makan, mau mandi dan baru bangun tidur. Tidak membawa ipad pada saat berjalan2 keluar termasuk ke kantor papa. Tidak boleh merampas dan menggunakan ipad dalam kondisi duduk dan tidak berbaring ataupun berdiri. Ini musti selalu diingatkan dan sekarang lagi dalam proses pembelajaran dan semoga kesabaran dan konsistensi akan memenangkan pertandingan kuat kuat an hati ini. Hehehehe... Konsisten vs nangis teriak2.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Start di Titik NOL Hidupku..

Perkenalkan nama ku Odilia Octavia Surbakti dan Nama Suami ku Mario Judistira perangin-angin. kami berasal dari suku karo dan baru saja menyelesaikan semua prosesi adat dan pmberkatan di gereja tanggal 04- 05 maret 2011 yang lalu. a. prosesi pernikahan adat karo kami mulai dengan "baba belo selambar & nganting manuk" hari sabtu 26 Feb 2011. Walo sebelum acara, Palembang diguyur ujan lebat banget ampe rumah abang sepupu bang madi yang kami tempati kebanjiran, tapi akhirnya pada waktunya berhenti dan kami bisa sampai di gedung BLK tepat waktu dengan cuaca yg sudah cerah. Baba belo selambar & nganting manuk adalah prosesi perkenalan calon ke masing2 keluarga dan sekaligus membicarakan prosesi adat serta "nilai tukar" yang musti di berikan pihak laki-laki ke keluarga perempuan. Nilai nya pun tidak besar kok. kemarin utk keluarga ku tidak sampai 1 juta. b. Penerimaan di GBKP Palembang hari minggu 27 Feb 2011 setelah kebaktian dan di gabungkan dengan prosesi p

Hari ke 4 - semua nya dapat

Sekarang memasuki hari ke 4 tantangan 30 hari ku. Kali ini fokusku tidak ke 1 anak saja tapi lebih ke mereka semua, kak ziv, bub, adin, niel. Kalau kemaren kemaren kami berenang di kolam kali ini walau masih memakai media yg sama yaitu kolam, tapi dari awal tujuan nya adalah bermain di air. Masih tetap musti minum susu dan sarapan terlebih dahulu sebelum memulai aktifitas kami. Awalnya, anak anak kurang terihat bersemangat krn mereka masih tetep fokus nonton pilem kartun di tipi, dan hanya niel yang nemenin si emak nyiapin kolam nya. Kali ini emak nggak full in tinggi kolam nya krn tujuan bermain kali ini. Bubu waktu liat agak komplein sebenarnya tapi akhirnya dia nerima nerima juga sih. Nah, setelah itu mereka semua mulai membuka pakaian dan bersiap masuk dalam kolam walau air belum penuh. Dan sewaktu si emak membawakan sebagian keranjang mainan ke sisi kolam, mereka semua berteriak kegirangan dan mulai semangat memasukkan satu satu mainan ke dalam kolam. Niel hampir semua mainan d

Persiapan Kelahiran pertama ku

Sekarang posisi ku sudah di jambi, di tempat orang tua dan akan berjauhan untuk sementara waktu dengan suami tercinta sampai lahiran dedek pertama ku. aktifitas pertama, menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan kebisingan suara2 mobil dan motor yang lalu lalang di depan rumah, krn rumah ku persis di samping jalan besar lintas sumatera. menyesuaikan diri dengan rutinitas dan nada2 tinggi dan seringkali emosi yang di perlihatkan oleh org2 di rumah ini. menyesuaikan diri dengan hawa yang sangat gerah dan panas.dan kemudian mulai melakukan pengecekan terhadap kandungan ku krn perjalanan jauh yang telah aku tempuh dari padang ke jambi. Dokter pun sudah memberikan obat keputihan yang bentuknya peluru, dimasukkan setiap malam 1 hari 1 kapsul. dan sungguh kapsul itu sangat perih. nama kapsul keputihan nya Vagistin.sempat cek ke internet dan ternyata bny jg dokter2 lain yang memberikan vagistin sbg obat keputihan. walo agak lega, tapi bbrpa kapsul yang masih harus dipakai tetap membuat ku k